Gelegar Deklarasi Pengawas Pemilu Partisipatif Generasi Milenial


Klaten – 28 Maret 2019. Bawaslu Kabupaten Klaten bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) SMA/SMK se-Kabupaten Klaten menyelenggarakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kepada Kelompok Sasaran dengan Tema “Gelegar Deklarasi Pengawas Partisipatif yang bertempat di Merapi Resto Klaten.
Acara ini mengundang tiga orang siswa/siswi dengan pendampingan seorang guru dari sekolah masing-masing tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Klaten. Dibuka dengan sambutan oleh Aldisqa Ivando Gadin selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) merupakan salah satu siswa  dari SMA N 3 Klaten dan dilanjutkan dengan sosialisasi oleh  Dina Nur Hidayati, S.Pd selaku Komisioner Bawaslu Kordiv. SDM dan Organisasi.
Atmosfer saat sosialisasi berlangsung dinamis, karena adanya diskusi langsung dengan beberapa siswa yang ditunjuk langsung oleh Dina Nur Hidayati, S.Pd terkait dengan materi yakni Kepemiluan dan Pengawasan dengan tugas-tugasnya, serta tentang kewajiban-kewajiban bagi pemilih pemula untuk ikut serta dalam mengawasi pemilu tahun 2019 pada 17 April mendatang. Tidak pula disampaikan pula materi tentang, bagaimana tata cara pelaporan apabila para pemilih pemula ini menemukan temuan adanya pelanggaran dalam pelaksanaan pada Pemilihan Umum 2019.


Ditengah acara siswa-siswi yang tergabung dalam MPK SMA/SMK se-Kabupaten Klaten menampilkan beberapa tampilan yakni band akustik dan tampilan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh Syelma Andya sebagai pembaca puisi kepemiluan dan Dhinta Annisa sebagai pengiring musik menggunakan biola yang juga keahliannya.

Pada akhir sesi setelah pemaparan materi dan tanya jawab, seluruh peserta berdeklarasi yang dipimpin oleh Ketua Umum MPK selurung peserta mengikuti kata-kata deklarasi dengan penuh semangat. Setelah pembacaan deklarasi dilanjutkan dengan acara penandatanganan deklarasi oleh masing-masing siswa pada Banner yang telah disediakan.

/humas Bawaslu Kabupaten Klaten

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.